Senin, 31 Oktober 2016

proposal usaha percetakan

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Teknologi komputer dan printer yang ada sekarang, telah memungkinkan kita untuk mencetak tidak hanya teks dan gambar sederhana, namun sudah dapat mencetak dengan hasil kualitas foto. Bahkan apabila menggunakan kertas khusus untuk foto, hasilnya menyerupai cetak foto.
Teknologi komputer dan printer yang semakin canggih, menjadikan hasil yang diperoleh akan semakin baik, dan proses produksi menjadi semakin cepat dan mudah.
Melihat potensi lingkungan sekitar permintaan akan teknologi print digital yang semakin meningkat dalam kegiatan-kegiatan umum maupun pribadi seseorang, maka usaha Percetakan mempunyai pangsa pasar prospektif dan tidak pernah surut. Oleh karena itu peluang usaha di bisnis ini bisa dikatakan cukup menjanjikan.
1.2 Motivasi Melakukan Usaha
  1. Mengembangkan jiwa wirausaha dan melatih kemandirian dengan membuka usaha sendiri
  2. Mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh.
  3. Menjadi manusia yang bermanfaat mulai dari diri, keluarga, dan lingkungan sekitar.
1.3 Justifikasi Pemilihan Obyek Usaha
Selain investasi yang dibutuhkan untuk usaha ini terbilang sangat minim, usaha digital priting ini cocok juga dikembangkan di banyak segmen, dari mulai home industri, tempat usaha yang strategis seperti pusat keramaian, pusat perbelanjaan, perumahan, sekolah, sampai dengan kebutuhan untuk perkantoran.
Lokasi usaha di sekitar SD, SMP, SMA merupakan tempat yang sangat strategis, lokasi ini juga menyatu dengan pemukiman penduduk yang cukup ramai. Hal ini merupakan potensi yang sangat mendukung dari usaha ini.


1.4 Maksud dan Tujuan
Tujuan usaha yang hendak dicapai adalah:
  1. Menumbuhkembangkan jiwa wirausaha kami sebagai mahasiswa
  2. Membuat usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan
  3. Mensinergikan antara cetak digital dan desain grafis dengan teknologi computer
  4. Membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang kurang beruntung.
1.5 Visi dan Misi
Visi:
  • Menjadi perusahaan percetakan yang dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan produk yang berkualitas dan senantiasa meningkatkan produktivitas demi kemajuan perusahaan.
Misi:
  • Kepuasan pelanggan
  • Cetakan berkualitas dan tepat waktu
  • Melakukan pemasaran secara langsung maupun online
  • Membuka cabang-cabang usaha
  • Mengembangkan cabang-cabangnya.


BAB II
ANALISIS, DESKRIPSI USAHA
2.1 GAMBARAN USAHA
Perkembangan teknologi mengakibatkan adanya perubahan pola pikir manusia yang cenderung tradisonalistik menjadi serba modern, seperti pada pengerjaan sesuatu, kecenderungan manusia lebih mengandalkan system komputerisasi dibanding penggunaan tenaga manusia. Dengan ini juga menyebabkan terbentuknya budaya serba cepat dalam system budaya manusia.
            Dari kecenderungan ini yang kemudian kami baca sebagai peluang usaha. Pemanfaatan teknologi sekarang ini sudah sangat meluas dalam system kehidupan masyarakat kita, mulai Dari aspek ekonomi, social maupan budaya. Dari aspek budaya, sudah banyak dipengaruhi, terutama dalam system pendidikan kita. Dulu, sebelum teknologi berkembang, dalam dunia pendidikan di Indonesia, kita masih sering melihat seorang peserta didik mengerjakan tugas menggunakan mesin tik, namun seiring perkembangan teknologi, setelah penemuan computer dan komponen pendukung lainnya seperti printer, plotter, dan alat teknologi pendukung dalam proses pengerjaan tugas peserta didik. Hal ini yang kemudian mendorong kami untuk mendirikan usaha percetakan yang kemudian kami namakan “AR-RAHMAN”. Seperti kata pepatah “ manfaatkanlah peluang yang ada, karena dia tidak akan datang dua kali”.
  • Gambaran wilayah rencana usaha
Kecamatan Sukabumi merupakan sebuah kecamatan besar yang ada di kabupaten Sukabumi. Dimana peluang usaha percetakan sangatlah menggiurkan. Ini dapat dilihat dari jumlah sekolah dan kantor yang ada yang belum didukung oleh adanya tempat percetakan. Karenanya itu, warga, peserta didik, maupun dari kalangan PNS ketika mereka ingin membuat laporan atau tugas, mereka harus lumayan jauh untuk ke percetakan ke daerah kota Sukabumi untuk mengerjakan tugasnya.
Maka dari itu, kami melihat ini sebagai peluang yang cukup menggiurkan untuk mendirikan usaha percetakan.Tempat rencana usaha kami merupakan jantung pendidikan dan belum terdapat satu pun tempat percetakan. Di wilayah ini terdapat kantor desa, SD, SMP dan SMK yang dimana akses percetakan, fotocopy merupakan kebutuhan utama.

2.2 SPESIFIKASI USAHA
            Berdasarkan yang telah kami paparkan, bahwa kami melihat peluang usaha dibidang percetakan ini cukup menggiurkan, adapun bahan pertimbangan dari perusahaan percetakan sebagai berikut:
  1. Teknologi
Dalam teknik pembuatan cetakan kami menggunakan alat yang sudah canggih, sehingga dalam proses pembuatan cetakan hasilnya berkualitas dan cepat. Adapun seperti pembuatan banner, spanduk kami hanya menjadi sebagai tangan ke 2, dan hanya bias menyediakan desain nya saja, dikarenakan kami tidak memiliki mesin untuk mencetak banner, spanduk dlsb, dikarnakan harga mesinnya yang sangat mahal.
  1. Bahan
Untuk kepuasan konsumen kami memakai bahan yang berkualitas tinggi dan untuk menjaga kepercayaan konsumen kami akan mengganti cetakan dengan yang baru jikalau cetakannya gagal atau salah dalam penulisan dall. Hal ini agar konsumen tetap percaya kepada kami, dan produk yang kami hasilkan diantaranya: cetak foto digita, kartu nama, kop surat dan amplop, label dan cover CD, full color kuran A4
  1. Multi pelayanan
Kami akan berusaha memberikan kepuasan kepada konsumen dengan pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen, serta memberikan hasil cetakan yang berkualias, karna untuk menjaga kepercayaan konsumen kepada kami.
2.3 IDENTIFIKASI USAHA
  1. Analisis STP
  1. Segmentasi
Segmentasi produk cetakan ini sangat luas, dari berbagai orang yang sedang menbutuhkan. Percetakan ini merupakan segala segment mulai dari kalangan bawah, menengah dan atas.
  1. Targeting
Target pada produk percetakan ini umumnya adalah sekolahan, perkantoran, pemilu dll.
  1. Positioning
Positioning atau lebih dikenal dengan strategi Brand Image atau penanaman merk ke dalam hati dan pikiran konsumen. Dalam melakukan strategi ini kami menggunakan media visul seperti spaduk, stiker dan media online.
  1. Analisis SWOT
  1. Strength (kekuatan) yang dapat dijadikan kekuatan dalam bisnis ini adalah dari kualitas dan kuantitas, karna kualitas lebih utama, tapi dari bagusnya kualitas kami tidak meninggikan harga, atau bias dibilang sama dengan percetakan yang lainnya.
  2. Weekness (kelemahan) kelemahan terbesar dari bisnis ini adalah dalam pembuatan banner, spanduk dll, di karenakan kami tidak memunyai mesinnya, dan konsumen harus rela menunggu sampai selasai produknya (banner, spanduk), dan takutnya lama-kelamaan konsumen kecawa terhadap kami dan untuk mengatasi hal ini kami membutuhkan investor untuk pembelian mesin.
  3. Opportunity (peluang) peluang dalam bisnis percetakan ini sangatlah besar. Hampir semua orang memerlukan terhadap cetakan. Peluang bisnis ini modalnya sangat minim hanya membutuhkan printer namun keuntungannya lumayan, terkecuali dengan mesin banner itu harus membutuhkan modal yang sangat lumayan.
  4. Threat (ancaman) ancaman dari bisnis ini adalah begitu banyaknya pesaing yang perusahaan percetakan yang sudah terkenal, untuk mengatasinya kami akan memberikan stiker kepada konsumen sebagai bentuk pemasaran.
2.4 NAMA Dan JENIS USAHA
            Usaha yang akan didirikan berupa percetakan yang menyediakan berbagai cetakan yang berkualitas, tepat waktu, dan harga terjangkau.
Nama usaha     : Ar-rahman
Jenis usaha      : Percetakan (Digital Printing)
Lokasi             : Sekitar wilayah Sukabumi
Status usaha    : Usaha ini merupakan usaha yang baru bukan sebagai pengembangan usaha yang telah ada

2.5 STRUKTUR ORGANISASI
Organization Chart
  1. Manajer
Nama               : Abdurahman Hanafi
Nim                 : 1148020003
Fakultas           : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan            : Manajemen
Universitas      : UIN SGD Bandung
  1. Keuangan
Nama               : Rifa Kurniati
Nim                 : 115502009
Fakultas           : Pendidikan Ilmu Sosial
Jurusan            : Komunikasi
Universitas      : UPI
  1. Finishing
Nama               : Abdul Rova Rahman Hanafi
Nim                 : 857852010
Fakultas           : Teknik
Jurusan            : Teknik Informatika
Universitas      : PGRI Sukabumi


  • Kompetensi Sumber Daya Manusia
Usaha Percetakan Digital ini dikelola oleh 3 orang dengan spesifikasi sebagai berikut:
  1. 1 orang dari fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai Manager dan Staff Produksi / designer grafis
  2. 1 orang dari fakultas Pendidikan Ilmu Sosial sebagai Staff Keuangan dan Pemasaran
  3. 1 Orang Dari Fakultas teknik sebagai finishing dan pemasaran media online.
Masing-masing personel dalam tim difungsikan sebagai marketing dan membantu
proses produksi.
  1. Manager, bertanggung jawab antara lain:
-          Bertanggungjawab atas kelangsungan usaha
-          Mengarahkan dan memberi motivasi pada anggota
-          Menjalin hubungan kerja dengan mitra bisnis
-          Bertanggung jawab untuk mengembangkan usaha
  1. Manejer  dan staf Produksi/designer, bertanggung jawab antara lain:
-          Bertanggungjawab terhadap kegiatan produksi
-          Mendesain sesuai permintaan pelanggan
-          Mencatat semua order yang masuk
-          Memberikan pertimbangan berkaitan dengan pengembangan usaha
-          Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
  1. Manejer dan Staff Keuangan, bertanggung jawab antara lain:
-          Mengatur arus kas masuk dan keluar
-          Mengatur pemberian kompensasi kepada anggota
-          Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai keuangan
-          Membantu pemasaran
-          Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
  1. Manejer dan Staff Marketing atau finishing, bertanggung jawab antara lain :
-          Bertanggung jawab terhadap kegiatan pemasaran
-          Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai pemasaran
-          Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha.


2.6 LOGO Dan DESKRIPSINYA






    1. Kenapa namanya AR-RAHMAN?
Karena itu adalah nama pendiri usaha percetakan ini. Dan diambil juga dalam bahasa arab yang artinya Pengasih/Penyayang
    1. Kenapa gambar panah itu warnanya hitam, merah, kuning, dan biru?
Karena itu adalah warna dasar dari hampir semua mesin percetakan
    1. Kenapa lambing AP warnanya merah dan hitam?
AP itu adalah singkatan dari Ar-rahman Percetakan. Warna merah dan hitam itu artinya adalah Kekuatan, Berani, dan sebagainya.
    1. Kenapa backgroundnya warnanya biru?
Karena warna biru itu mempunyai arti Kepercayaan, Kemewahan, Kebersihan dan sebagainya.


BAB III
ASPEK-ASPEK USAHA
3.1 ASPEK USAHA
Ada beberapa aspek kami mendirikan usaha percekatan ini
  1. Peluang
Pendiri usaha percetakan ini terdiri dari 3 orang anggota, dan semuanya adalah keluarga (adik-kakak). Kami semua miliki kemampuan yang berbeda-beda dalam percetakan ini, kakak yang pertama memiliki kemampuan editor, adiknya memiliki kemampuan dalam keuangan dan pemasaran, adik yang terakhir bias melakukan fnishing. Kami tidak memerlukan karyawan, adapun jika membutuhkan karyawan jika perusahaan kami telah berkembang atau membuka cabang
  1. Finansial
Dari segi finansial, sumber dana yang dibutuhkan usaha ini berasal dari tabungan kami pribadi, kami membutuhkan investor dan bantuan dari pemerintah ketika kami ingin mengembangkan perusahaan kami, atau membuka cabang di berbagai wilayah
A.  ANALISIS PRODUK
  1. Jenis, Nama dan Karakteristik Produk
Jenis produk-produk yang dihasilkan atara lain:
  1. Cetak foto Digital
Mencetak Foto dengan berbaga ukuran
  1. Kartu nama
Bisa mencetak kartu nama dengan bahan kertas maupun bahan Id card
  1. Kop Surat dan Amplop
Dapat memesan sesuai kebutuhan, tidak harus dalam jumlah banyak (1rim) seperti.
  1. Label dan Cover CD
Pelanggan dapat memilih 2 jenis label untuk CD yaitu Hvs atau Glossy
  1. Full Colour Ukuran A4
Ada beberapa kertas yang bisa dipilih yaitu, Hvs, Glossy, Inkjet, Matt paper, Linen. Kertas yang tidak tahan air dapat dilaminasi sehingga hasil printingnya dapat tahan air.

  1. Keunggulan produk dibanding produk lain di pasaran
Produk jasa yang ditawarkan ini mempunyai suatu keunggulan yakni:
  1. Proses pengerjaannya menggunakan teknologi komputer sehingga lebih efisien dibandingkan dengan cara konvensional (sablon)
  2. Tanpa minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan dan anggaran mereka.
  3. Dapat dikerjakan secara cepat atau instant (15 menit jadi).
  4. Bisa di tunggu
  5. Desain unggul dan berbagai pilihan
  1. Keterkaitan dengan Produk lain Termasuk Perolehan Bahan Baku
Dalam menyediakan produknya Percetakan Digital membutuhkan barang-barang antara lain:
  1. Komputer
  2. Printer kualitas foto
  3. Scanner
  4. Card Reader
  5. Bluetoth
  6. Macam-macam kertas untuk media cetak
  • Identifikasi sumber tempat membeli barang-barang tersebut
  1. Toko komputer dan aksesoris
  2. Toko kertas
  3. Toko alat – alat tulis kantor
B.   ANALISIS PASAR
  1. Profil konsumen
  1. Di kampus yang menyelenggarakan kegiatan kegiatan seperti : Pelatihan, Diklat, Outbond, Seminar dan Lokakarya
  2. Perusahaan yang membutuhkan media promosi untuk produknya, seperti kartu nama, brosur, dan poster
  3. Masyarakat umum yang membutuhkan Jasa Pembuatan Foto.


  1. Pesaing dan Peluang Pasar
  1. Pesaing
No
Nama Pesaing
Produk yang ditawarkan
1
Smart Printing
Printing Digital
2
Agis Printing
Desain grafis, Printing Digital, Advertising
3
CV.Adzar Lestari
Cetak Digital
4
Mutiara
Cetak Digital
5
Fuji Image Plaza
Cetak Foto Analog dan Digital
6
Bayan
Sablon
  1. Peluang Pasar
Melihat hasil analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, kita masih memiliki peluang yang cukup besar. Dengan pelayanan Percetakan Digital tanpa minimum order serta tempat yang strategis bisa menjadi peluang untuk bisa bersaing dengan pemain lama yang ada di pasar.
3.2 ASPEK HARGA
3.2.1    ANALISIS KEUANGAN
  1. Investasi yang diperlukan (Kebutuhan Modal disertai perhitungannya)
Proyeksi investasi yang diperlukan dalam pendirian usaha Percetakan Digital adalah sebesar Rp. 15.000.000,00 (Lima Belas Juta Rupiah) yang bersumber dari investor sebesar Rp 10.000.000,00 dan Rp. 5.000.000,00 dari modal iyuran kami dengan perincian penggunaan sebagai berikut
Percetakan Digital
Proyeksi Investasi Yang Diperlukan
Dalam Satu Tahun
No
Investasi yang Diperlukan
Frek
Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
12
13
Komputer P2 GHz
Printer Epson R230
Scanner
Mesin Laminasi
Card reader
Bluetoth
Infrared
Meja
Kursi
Lemari
Sewa Tempat
Bahan bahan percetakan
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1 thn
1 thn
4.500.000,00
1.500.000,00
650.000,00
1.000.000,00
90.000,00
25.000,00
45.000,00
300.000,00
100.000,00
770.000,00
3.000.000,00
3.020.000,00
4.500.000,00
1.500.000,00
650.000,00
1.000.000,00
90.000,00
45.000,00
45.000,00
300.000,00
100.000,00
770.000,00
3.000.000,00
3.020.000,00
Total Investasi yang Diperlukan
15.000.000,00
  1. Penentuan Harga Pokok Penjualan (HPP)
Percetakan Digital
Daftar Harga jual Produk
No
Produk
Harga (Rp)
1




2



3
4


5
Cetak Foto Digital
# Ukuran 10 R (25.4  cm  x   30.5 cm)
# Ukuran 4 R (10.2   cm x   15.2 cm)
# Ukuran 3 R (8,9   cm x   12,7 cm)
# Ukuran 2×3, 3×4, 4×6
Kartu nama (1box=100 lembar)
# Linen
# Matt
# Ivory 2 muka
Print Kop surat dan Amplop
Print Label dan Cover CD
# Hvs
# Glossy
Print Full Colour Ukuran A4
# Hvs
# Linen
# Ivory
# Matt
# Glossy

10.000,00
2.000,00
1.500,00
750,00

40.000,00
50.000,00
65.000,00
1.000,00

1.500,00
2.000,00

2.000,00
3.000,00
4.000,00
6.000,00
10.000,00




3.3 ASPEK PROMOSI
Media-media promosi yang akan digunakan melalui;
  1. Spanduk
Dipasang di depan tempat lokasi usaha, serta beberapa tempat strategis lainnya seperti jalan cisarua sukabumi dan di lokasi sekolahan.
  1. Katalog
Membuat katalog yang berisi produk dengan ukuran A4 yang didesain dengan menarik dan enak dipandang.
  1. Buletin dan Majalah
Kerjasama dengan buletin dan majalah yang ada di Sukabumi
  1. Manusia
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya, serta minta referensi dari pelanggan siapa yang biasa menggunakan layanan printing digital.
  1. SMS (Short Message Service) dari Handphone atau Internet
Mengirim SMS kepada teman, saudara, atau kerabat mengenai bisnis printing digital.
3.4 ASPEK LOKASI + PETA
            Lokasi perusahaan percetakan ini berada di jl. Mayor Mahmud, KP. Nangewer, RT/RW. 012/005, Desa. Sukajaya, Kecamatan. Sukabumi, Kabupaten. Sukabumi. Tempatnya cukup strategis, karna dekat dengan sekolahan seperti SD, SMP, SMA dan kantor DESA yang hampir semuanya membutuhkan jasa percetakan.
3.5 ASPEK FINANSIAL
  1. Bahan baku bahan penolong dan peralatan yang digunakan
  1. Komputer dengan spesifikasi:
-          Prosesor  minimal 2 Ghz
-          Hard disk 250 GB
-          RAM 1 GB
-          CD dan DVD RW Room
-          3D AGP graphics 500 MB
  1. Scanner Canon
  2. Printer Epson R230 untuk cetak foto
  3. Laminating
  4. Card Reader
  5. Bluetoth
  6. Infrared
  7. Kertas-kertas:
-          Glossy Photo Paper
-          Inkjet Paper
-          Matte Paper
-          Crome coated Paper
  1. Rencana awal dan Neraca Akhir Tahun
  1. Rencana Neraca Awal
Percetakan Digital
Proyeksi Neraca Awal Tahun
Aktiva
Passiva
Aktiva Tetap
Peralatan Rp 15.000.000,00
Hutang Lancar Rp. 0
Modal
Modal dari Donatur / Hibah Rp.10.000.000,00
Modal sendiri Rp.5.000.000,00
Jumlah Aktiva
Rp.15.000.000,00
Jumlah Passiva
Rp 15.000.000,00

Percetakan Digital
Proyeksi Laporan Perubahan Modal
Akhir Tahun
No
Keterangan
Jumlah (Rp)
1
2
Modal Awal
Laba Bersih
Rp 15.000.000,00
Rp 13.220.000,00
Jumlah Modal
Rp 28.220.000,00
  1. Rencana Neraca Akhir Tahun
Percetakan Digital
Rencana Neraca Akhir Tahun
Aktiva
Passiva
Aktiva Lancar
Kas Rp 13.220.000,00
Aktiva Tetap
Peralatan Rp15.000.000,00
Hutang Lancar Rp. -
Hutang Bank Rp. -
Modal
* Modal Usaha Rp 28.220.000,00
Jumlah Aktiva Rp. 28.220.000,00
Jumlah Passiva Rp. 28.220.000,00
  1. Rencana Laporan Laba atau Rugi
Percetakan Digital
Proyeksi Pendapatan Satu Tahun
No
Produk
Frek
Harga (Rp)
Pendapatan
1





2





3

4



5
Cetak Foto Digital
# Ukuran 10 R
# Ukuran 4 R
# Ukuran 3 R
# Ukuran2×3, 3×4, 4×6
Kartu nama (1box=100 lembar)
# Linen
# Matt
# Ivory 2 muka
Print Kop surat dan Amplop
Print Label dan Cover CD
# Hvs
# Glossy
Print Full Colour Ukuran A4
# Hvs
# Linen
# Ivory
# Matt
# Glossy

219
418
314
460




60
83
120

240


264
183


439
512
252
234
110

10.000,00
2.000,00
1.500,00
750,00




40.000,00
50.000,00
65.000,00

1.000,00


1.500,00
2.000,00


2.000,00
3.000,00
4.000,00
6.000,00
10.000,00

2.190.000,00
836.000,00
471.000,00
345.000,00




2.400.000,00
4.150.000,00
7.800.000,00

240.000,00


396.000,00
366.000,00


878.000,00
1.536.000,00
1.008.000,00
1.404.000,00
1.100.000,00
Total Pendapatan 1 tahun
25.120.000,00
Percetakan Digital
Rencana Laporan Rugi/Laba
Akhir tahun
No
Keterangan
Jumlah (Rp)
1
Pendapatan
Pendapatan Usaha
Biaya-biaya
  1. Biaya Gaji, 3 orang x@100.000×12 bln
  2. Biaya Telepon, 100.000 x 12 bln
  3. Biaya Transportasi, 150.000 x 12 bln
  4. Biaya Promosi, 150.000 x 12 bln
  5. Biaya Sewa Tempat
  6. Biaya Lain-lain
25.120.000,00


3.600.000,00
1.200.000,00
1.800.000,00
1.800.000,00
3.000.000,00
500.000,00
Laba Bersih
Rp.13.220.000,00


  1. Rencana Anggaran Biaya
Kebutuhan Modal
No
Investasi yang Diperlukan
Frek
Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
12
13
Komputer P2 GHz
Printer Epson R230
Scanner
Mesin Laminasi
Card reader
Bluetoth
Infrared
Meja
Kursi
Lemari
Sewa Tempat
Bahan bahan percetakan
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1 thn
1 thn
4.500.000,00
1.500.000,00
650.000,00
1.000.000,00
90.000,00
25.000,00
45.000,00
300.000,00
100.000,00
770.000,00
3.000.000,00
3.020.000,00
4.500.000,00
1.500.000,00
650.000,00
1.000.000,00
90.000,00
45.000,00
45.000,00
300.000,00
100.000,00
770.000,00
3.000.000,00
3.020.000,00
Total Investasi yang Diperlukan
15.000.000,00

3.6 Aspek Yuridis
Untuk usaha yang kami jalankan ini belum memiliki badan hokum untuk saat ini, dan mungkin tidak akan pernah menjadi berbadan hokum, hanya mampu berbentuk CV karena usaha yang kami jalankan memiliki karakteristik sebagai berikut:
  1. CV didirikan minimal oleh dua orang, dimana salah satunya akan bertindak selaku Persero Aktif (persero pengurus) yang nantinya akan bergelar Direktur.
  2. sedangkan yang lain akan bertindak selaku Persero Komanditer (Persero diam).
Adapun kelebihan dan kekurangan CV sebagai berikut:
Kelebihan    :
-          Modal yang dibutuhkan relatif kecil.
-          Laba perusahaan menjadi milik sendiri.
-          Keputusan mudah diambil karena memang wewenang pemilik.
-          Kerahasiaan perusahaan lebih terjamin.
-          Mudah mengontrol dan menemukan kesalahan pengelolaan.
-          Pemilik memiliki kebebasan dalam mengelola perusahaan.

Kekurangan  :
-          Usaha sulit berkembang karena modal usaha kecil.
-          Kerugian perusahaan ditanggung oleh pemilik.
-          Sulit memperoleh pinjaman karena perusahaan tidak berbadan hukum.
-          Kelangsungan perusahaan bergantung pada pemilik.
-          Tanggung jawab tidak terbatas pada modal. Artinya, harta pribadi pemilik dapat dipakai membayar utang.
-          Tanggung jawab dan risiko ditanggung sendiri.
BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN CV?
CV dapat didirikan dengan syarat dan prosedur yang lebih mudah daripada PT, yaitu hanya mensyaratkan pendirian oleh 2 orang, dengan menggunakan akta Notaris yang berbahasa Indonesia. Walaupun dewasa ini pendirian CV mengharuskan adanya akta notaris, namun dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dinyatakan bahwa pendirian CV tidak mutlak harus dengan akta Notaris.
Pada saat para pihak sudah sepakat untuk mendirikan CV, maka dapat datang ke kantor Notaris dengan membawa KTP. Untuk pendirian CV, tidak diperlukan adanya pengecekan nama CV terlebih dahulu. Oleh karena itu proses nya akan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan pendirian PT.
Namun demikian, dengan tidak didahuluinya dengan pengecekan nama CV, menyebabkan nama CV sering sama antara satu dengan yang lainnya.
Pada waktu pendirian CV, yang harus dipersiapkan sebelum datang ke Notaris adalah adanya persiapan mengenai:
  1. Calon nama yang akan digunakan oleh CV tersebut
  2. tempat kedudukan dari CV
  3. Siapa yang akan bertindak selaku Persero aktif, dan siapa yang akan bertindak selaku persero diam.
  4. Maksud dan tujuan yang spesifik dari CV tersebut (walaupun tentu saja dapat mencantumkan maksud dan tujuan yang seluas-luasnya).
Untuk menyatakan telah berdirinya suatu CV, sebenarnya cukup hanya dengan akta Notaris tersebut, namun untuk memperkokoh posisi CV tersebut, sebaiknya CV tersebut di daftarkan pada Pengadilan Negeri setempat dengan membawa kelengkapan berupa Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) dan NPWP atas nama CV yang bersangkutan.
Apakah itu akta, SKDP, NPWP dan pendaftaran pengadilan saja sudah cukup?
Sebenarnya semua itu tergantung pada kebutuhannya. Dalam menjalankan suatu usaha yang tidak memerlukan tender pada instansi pemerintahan, dan hanya digunakan sebagai wadah berusaha, maka dengan surat-surat tersebut saja sudah cukup untuk pendirian suatu CV. Namun, apabila menginginkan ijin yang lebih lengkap dan akan digunakan untuk keperluan tender, biasanya dilengkapi dengan surat-surat lainnya yaitu:
  1. Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP)
  2. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
  3. Tanda Daftar Perseroan (khusus CV)
Pengurusan ijin-ijin tersebut dapat dilakukan bersamaan sebagai satu rangkaian dengan pendirian CV dimaksud, dengan melampirkan berkas tambahan berupa:
  1. Copy kartu keluarga Persero Pengurus (Direktur) CV
  2. Copy NPWP Persero Pengurus (Direktur) CV
  3. Copy bukti pemilikan atau penggunaan tempat usaha, dimana
a.       apabila milik sendiri, harus dibuktikan dengan copy sertifikat dan copy bukti pelunasan PBB th terakhir
b.      apabila sewa kepada orang lain, maka harus dibuktikan dengan adanya perjanjian sewa menyewa, yang dilengkapi dengan pembayaran pajak sewa (Pph) oleh pemilik tempat.
sebagai catatan berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta, untuk wilayah Jakarta, yang dapat digunakan sebagai tempat usaha hanyalah Rumah toko, pasar atau perkantoran. Namun ada daerah-daerah tertentu yang dapat digunakan sebagai tempat usaha yang tidak membayakan lingkungan, asalkan mendapat persetujuan dari RT/RW setempat
  1. Pas photo ukuran 3X4 sebanyak 4 lembar dengan latar belakang warna merah
Jangka waktu pengurusan semua ijin-ijin tersebut dari pendirian sampai dengan selesai lebih kurang selama 2 bulan.









BAB III
PENUTUP
          Ar-rahman adalah sebuah perusahaan percetakan yang berkualitas baik dan memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat serta harga yang hampir sama dengan perusahaan lainnya.
            Dengan disusunnya proposal usaha ini kami besar harapan sebagai pengusaha percetakan dapat menjalankan usaha ini dengan baik dan dapat mengembangkan berjalannya waktu, dengan inovatif dan kreasi yang lebih baik lagi guna mempertahankan konsumen yang telah ada dan mendatangkan konsumen baru.
            Usaha percetakan ini bermodal Rp 15.000.000-,00 dengan harapan dana tersebut diperoleh dari para investor yag ingin menginvestasikan sebagian hartanya kepada kami. Karna usaha ini yang insyaallah sangat menjanjikan.


MEMORANDUM OF UNDERSTAND
SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

No       : MOU …/02/…/…/2016
Bismillahirrahmaanirrahiim

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama               : ABDURAHMAN HANAFI
Jabatan                        : MANAJER
Alamat            : KP. Nangewer RT/RW. 012/005 Desa. Sukajaya Kecamatan. Sukabumi Kabupaten. Sukabumi.
Disebut pihak Pertama (I)

Nama               :
Jabatan                        :
Alamat            :
Disebut pihak Kedua (II)

Untuk selanjutnya antara pihak I dan pihak II sepakat untuk mengadakan kerjasama di bidang USAHA PERCETAKAN AR-RAHMAN yang di atur dalam pasal-pasal berikut:

Pasal 1
Pihak kedua memberikan pinjaman dana kepada pihak pertama sebagai bentuk peningkatan skala usaha percetakan dalam memenuhi kebutuhan permintaan konsumen (pelanggan).
Pasal 2
Nilai investasi setelah melalui kesepakatan kedua belah pihak adalah Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
Pasal 3
Pihak II mendapatkan sistem bagi hasil dan dengan rincian sebagai berikut:
Pihak pertama memberikan pembagian hasil 5% dari hasil bersih total outlite.
Pembagian hasil diberikan tiap bulan selama masa kontrak kerjasama.
Pasal 4
Pihak I diwajibkan menyerahkan kepada pihak II:
Rencana anggaran belanja usaha (RAB).
Pasal 5
Apabila terjadi kerugian dalam pelaksanaan pengembangan usaha percetakan maka pihak I diwajibkan menanggung semua biaya kerugian serta diwajibkan menyelesaikan pengembalian dana seperti kesepakatan awal.
Pasal 6
Pihak I menyanggupi untuk mengembalikan dana pengembangan usaha dalam waktu 1 tahun.
Pasal 7
Dana tambahan lain diluar RAB yang  telah disepakati biayanya ditanggung sepenuhnya oleh pihak I.
Pasal 8
Perjanjian kerjasama ini berlaku sejak ditanda tangani dan dapat dibatalkan sewaktu-waktu sesuai kesepakatan kedua belah pihak.
“ Saya telah membaca, mengerti dan setuju terhadap semua ketentuan yang tercantum dalam perjanjian ini “
Sukabumi,…..,………………..,2016


                   Pihak Pertama                                              Pihak Kedua



          (                                     )                            (                                     )



11 komentar:

  1. terimakasih telah berbagi info menari yang manfaat Kak...
    Aplikasi Kasir Android Free

    BalasHapus
  2. Syukron kak, jazakumullah Khair

    BalasHapus
  3. Bang boleh minta file yg format microsoft office nya Bng.. boleh kirim via email saya Bng..?

    BalasHapus
  4. fadjridalem45@gmail.com plis y Bng itu
    email saya Bang

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum kakak.. Terimakasih Materinya.. saya izin copy latar belakang dan penutupnya ya... :)

    BalasHapus
  6. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  7. terimakasih sangat membantu saya

    BalasHapus
  8. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin mewujudkan impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena biaya/persyaratan pinjaman yang tinggi?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan untuk mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1(815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus